Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Fungsi dan Bagian Neraca untuk Laboratorium Pendidikan

N

eraca atau timbangan merupakan alat yang digunakan untuk mengukur massa benda. Timbangan yang digunakan pada laboratorium baik laboratorium farmasi hingga laboratorium pendidikan sering dikenal dengan timbangan analitik. Disebut timbangan analitik karena memiliki fungsi untuk mengukur massa benda dalam ukuran kecil hingga satuan milligram. Timbangan analitik terdapat berbagai variasi dari mulai yang manual atau sering kita kenal dengan neraca gram/miligram, hingga timbangan analitik dengan sistem digital.

Meskipun kini kebanyakan laboratorium telah banyak menggunakan timbangan analitik dengan sitem digital, namun pada beberapa laboratorium pendidikan masih mengandalkan timbangan analitik manual atau sering dikenal dengan neraca gram maupun milligram sebagai alat yang membantu penimbangan pada saat kegiatan praktikum. Karena penggunaan neraca gram/neraca milligram diperlukan ketelitian tinggi yang harus dimiliki masing-maing user dalam membaca hasil timbang, maka neraca gram/milligram ini dipercaya dapat melatih ketelitian para peserta didik dalam menjalani kegiatan praktikum penelitian. Sehingga jika nantinya harus menggunakan timbangan analitik digital, ketelitian yang telah dimiliki peserta didik tidak lantas menurun atau dimanjakan oleh kemudahan yang diberikan timbangan analitik digital.

Sebelum melakukan pengoperasian neraca gram/milligram hendaknya sebagai user, kita sebaiknya mengenali bagian-bagian yang terdapat pada neraca yang akan kita gunakan. Adapun bagian-bagian yang terdapat pada neraca adalah sebagai berikut:


Beam, Knife Edge, Fulcurm, Arrest dan Knob
Bagian ini biasanya terbuat dari brass atau alumunium dengan panjang dan bentuk yang bervariasi. Lengan ayun yang pendek lebih disukai karena memiliki ayunan/vibrasi yang lebih singkat sehingga dapat mempersingkat waktu pengukuran massa.
Pada neraca dua lengan atau neraca tiga lengan, bagian lengan ayun terdapat angka-angka yang menunjuk massa beban terimbang. Angka-angka tersebut biasanya bergradasi dengan skala 1-10 dan terdapat penanda pada setiap gradasi.
Sedangkan pada neraca sama lengan, beam ini diletakkan pada bagian tengah (knife edge) pilar, yang berupa batu akik (agate). Dan tempat meletakkannya disebut fulcrum. Bagian penahan (arrest) berfungsi untuk mencegah knife edge tidak tumpul. Arrest dapat dioperasikan dengan memutar knob secara perlahan. Knob dapat dijumpai pada bagian samping neraca.

Pan
Neraca sama lengan memiliki dua buah piringan (pan) digantungkan pada setiap ujung lengan ayun (beam) yang berjarak sama dari fulcrum. Pan berfungsi untuk meletakkan bahan tertimbang dan anak timbangan (weights). Yang perlu diperhatikan adalah saat timbangan tidak digunakan atau saat mengambil atau meletakkan pan, neraca harus dalam kondii tertahan.

Penunjuk Skala (Pointer)
Pada neraca sama lengan, dua jarum diletakkan pada fulcrum. Penunjuk skala ini biasanya akan menunjuk angka nol pada skala bagian bawah timbangan, jika lengan ayun dalam kondisi setimbang. Sebaiknya meletakkan timbangan di tempat yang datar secara horizontal. Jika perlu, gunakanlah waterpass yang dapat membantu menunjukkan datarnya suatu tempat. Sebagian timbangan berlengan, timbangan dilengkapi dengan plumb yang berfungsi untuk mengetahui apakah timbangan sudah dalam kondisi tegak lurus dengan dudukan atau belum.

Demikianlah beberapa bagian-bagian neraca yang sebaiknya diketahui dan dipahami terlebih dahulu masing-masing fungsinya sebelum melakukan penimbangan menggunakan neraca tersebut. Agar massa benda yang didapat melalui bantuan neraca dihasilkan secara maksimal.


Jika anda sedang membutuhkan neraca untuk kegiatan penimbangan di laboratorium, kami Mealabs Timbangan menyediakan berbagai macam timbangan/neraca yang dapat memenuhi kebutuhan penimbangan anda.
Info selengkapnya silahkan hubungi kami di kontak yang tertera pada website ini.

signature
Back to top
banner