Beranda Tentang Kami Produk Kami Peta Situs Artikel Kontak Kami Chat Whatsapp

Jenis-Jenis Timbangan yang Diperlukan dalam Industri Perhotelan

Industri perhotelan di Indonesia kini semakin menjamur baik di kawasan wisata maupun di pusat kota. Bila berbicara tentang industri perhotelan tertanam dalam benak kita tentang jasa penginapan. Tahukah anda industri perhotelan tidak hanya melulu tentang jasa penginapannya. Disamping konsep penginapan nyaman yang ditawarkan, perhotelan juga menawarkan pelayanan makanan dan minuman seperti restoran atau coffee shop selain itu perhotelan juga menyediakan tempat/ruangan baik untuk meeting maupun menyelenggarakan acara-acara pesta seperti pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya.

Untuk mewujudkan produk pelayanan tersebut tentunya hotel menerima supply bahan dan barang yang diperlukan dari beberapa rekanan. Seperti sembako, peralatan masak, peralatan mandi dan lainnya. Dengan demikian kebutuhan perhotelan bisa dikatakan hampir mirip dengan kehidupan dirumah tangga, hanya saja kebutuhan-kebutuhan akan bahan dan barang tersebut biasanya dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang berkala.

Barang atau bahan kebutuhan hotel pada saat di supply tentunya harus memenuhi standar, baik standar mutu maupun standar berat. Untuk mengukur standar mutu bisa dilakukan pengecekan fisik barang dan untuk beberapa bahan yang memiliki standar berat hendaknya dilakukan pengecekan dengan menggunakan alat yang kita kenal dengan nama timbangan.

Timbangan dalam industri perhotelan amatlah penting baik untuk pengecekan supply barang sebelum masuk dan digunakan untuk keperluan pelayanan maupun pada saat operasional pelayanan. Timbangan yang digunakan di hotel adalah timbangan digital karena dirasa praktis, cepat, dan akurat. Timbangan digital memiliki beberapa jenis, adapun jenis-jenis timbangan digital yang diperlukan dalam industri perhotelan adalah sebagai berikut :

  1. Timbangan duduk merupakan timbangan yang memiliki bentuk seperti kursi, terdiri dari pan timbangan, tiang penyangga indikator dan indikator timbangan. Dalam pengoperasiannya timbangan ini diletakkan langsung diatas lantai. Timbangan duduk digital biasa digunakan untuk melakukan pengecekkan standar berat barang atau bahan yang dikirim supplier ke hotel hotel seperti bahan-bahan makanan seperti sayur, buah beras, dan peralatan dapur seperti gas serta bahan-bahan lainnya yang memang memiliki berat yang harus dicek. Timbangan ini memiliki kapasitas hingga 500kg sehingga bisa menahan beban barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak.

  2. Seperti namanya, timbangan ini digunakan untuk keperluan dapur. Karena hotel memiliki pelayanan restoran tentu makanan-makanan yang dihasilkan melalui proses terlebih dahulu di dapur. Maka timbangan ini sering digunakan untuk para chef untuk menimbang bahan-bahan masakan agar memiliki takaran yang tepat serta menghasilkan makanan yang lezat dan digemari oleh para konsumen. Selain digunakan oleh chef timbangan ini juga sering digunakan oleh para barista untuk keperluan membuat kopi agar mendapat takaran kopi yang tepat. Karena dengan takaran yang tepat minuman kopi yang dihasilkan pun akan terasa lebih nikmat. Timbangan ini memiliki 2 jenis yaitu yang dengan mangkung atau yang tanpa mangkuk, kedua-duanya dapat digunakan untuk keperluan dapur maupun menimbang kopi, hanya tergantung pada keperluan kegiatan penimbangan masing-masing. Misal untuk penimbangan sayur dan buah yang ukurannya agak besar disarankan menggunakan timbangan yang tanpa mangkuk/wadah sedangkan untuk menimbang buah atau sayur yang ukurannya lebih kecil ataupun untuk menimbang bumbu, kopi yang wujudnya butiran maupun serbuk. Timbangan dapur memiliki kapasitas kecil yang biasanya diperuntukan menimbang bahan masakan untuk tiap-tiap porsi makanan. Dalam penggunaannya timbangan ini diletakan di meja maka sering dikenal sebagai timbangan meja.

  3. Timbangan badan ini memiliki kapasitas hingga 150kg, sesuai namanya timbangan ini tentunya digunakan untuk menimbang badan manusia. Beberapa tipe kamar yang ada di hotel menjadikan timbangan ini sebagai salah satu fasilitas kamar. Di mana timbangan badan ini dimaksudkan untuk memudahkan tamu hotel mengontrol atau mengawasi berat badannya selama menginap di hotel baik untuk tujuan liburan maupun bekerja. 
Dengan demikian timbangan digital menjadi salah satu alat yang memang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan operasional industri perhotelan. Karena dengan timbangan digital kegiatan menimbang dalam hotel bisa akurat, tepat waktu dan cepat.

Jika anda sedang mencari atau membutuhkan timbangan digital, kami Mealabs Indonesia menjual serta dapat memberikan solusi bagi segala jenis kebutuhan penimbangan anda. Info lengkap silahkan hubungi kontak kami.






CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D 
Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit 
Jakarta Timur DKI Jakarta 13450 
021 8694 1748 (Telepon)
0818 0690 5207 (Telepon, WhatsApp)
dita@mealabs.com 

signature
Back to top
banner
-->