Beranda Tentang Kami Produk Kami Peta Situs Artikel Kontak Kami Chat Whatsapp

Cara Menimbang Bahan Cair, Padat dan Serbuk Menggunakan Timbangan Analitik

Timbangan Analitik Laboratorium
Timbangan analitik merupakan jenis timbangan yang memiliki kapasitas kecil dengan ketelitian yang tinggi, hal ini membuat timbangan ini sering kita jumpai pada kegiatan penimbangan di laboratorium. Timbangan analitik biasanya digunakan untuk menimbang bahan-bahan penelitian maupun bahan-bahan peracik obat-obatan. Timbangan analitik biasa digunakan untuk menimbang bahan-bahan dalam wujud cairan, padat (tablet, batu, dll), dan serbuk. Karena ketelitian yang tinggi dalam mempergunakan timbangan ini diperlukan ketelatenan dan kehati-hatian. Ada beberapa prosedur penimbangan yang baiknya anda ketahui sebelum melakukan penimbangan.

Menimbang bahan dengan menggunakan timbangan analitik hendaknya kita bisa memperhatikan wujud bahan yang akan ditimbang dengan menyesuaikan wadah yang tepat untuk bahan yang kita akan timbang. Ada beberapa bahan yang sifatnya higroskopis, korosif dan voatil maka disarankan agar kita selalu menggunakan wadah yang sesuai, misalnya untuk bahan cair anda dapat menggunakan gelas ukur. 

Sebelum melakukan kegiatan penimbangan hendaknya anda harus melakukan persiapan dan beberapa kegiatan setting timbangan terlebih dahulu sebagai berikut :

  1. Sebelum menggunakan timbangan maka pastikan timbangan tesebut setimbang dan menunjukkan angka nol. Untuk memeriksa kesetimbangan anda dapat mengecek tanda tera dan melihat gelembung udara dalam wadah yang ada di bagian belakang. Untuk itu letakkan timbangan pada meja datar dan usahakan gelembung udara tersebut berada di posisi tengah timbangan. Jika posisi gelembung tidak ditengah maka lakukanlah setting dengan memutar sekrup yang ada di bagian bawah timbangan. Membuat gelembung tersebut berada di tengah disebut kalibrasi / menyetarakan timbangan.
  2. Menyalakan timbangan digital dengan menekan tombol ON pada timbangan, sebelum menekan pastikan semua kaca dari timbangan analitik telah tertutup. Hubungkan timbangan analitik dengan power supply (catu daya) dan setelah beberapa detik, timbangan akan menyala dan menunjukkan angka nol. Jumlah angka nol di belakang koma menunjukkan tingkat ketelitian timbangan. Dengan timbangan telah menyala dan menunjukkan angka nol pada display, berarti timbangan analitik sudah siap untuk digunakan.

Setelah melakukan setting dan menyalakan timbangan, barulah anda dapat melakukan penimbangan bahan-bahan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Letakkan wadah diatas piring timbang (pan) dan tutuplah kaca penutup timbangan

  1. Tekan tombol tare pada timbangan analitik dan layar akan menampilkan angka nol karena berat wadah telah direset. Dengan demikian anda dapat mengetahui berat sampel bahan secara langsung.
  2. Ambil bahan yang akan ditimbang dan letakkan diatas wadah. Berhati-hatilah dalam melakukan langkah ini, pastikan bahan yang akan ditimbang tidak tercecer dan mengotori timbangan terlebih bahan kimia yang sensitif dan korosif. Bila diperlukan anda dapat mengeluarkan wadah yang sudah diletakkan tadi baru meletakkan bahan  dan masukkan lagi wadah yang berisi bahan sampel yang akan ditimbang ke dalam timbangan. Namun perlu diingat, pada langkah ini anda tidak perlu menekan tombol apapun.
  3. Tutup pintu kaca timbangan secara keseluruhan dan lihat angka yang tertera pada layar timbangan. Anda dapat mengurangi atau menambahkan bahan untuk mendapatkan berat yang anda inginkan.
  4. Jika telah mendapatkan berat yang sesuai jangan lupa untuk mencatat hasil berat bahan yang tertimbang.

Jika bahan yang akan ditimbang berbetuk padat seperti batu atau granul maka anda dapat menimbang benda secara langsung tanpa menggunakan wadah. Setelah timbangan menunjukkan angka nol (tanpa wadah). Letakkan bahan sampel yang akan ditimbang langsung pada piring timbang (pan) secara hati-hati. Tutup semua pintu timbangan dan lihat berat bahan pada layar timbangan lalu lakukan pencatatan.

Demikian beberapa langkah-langkah yang perlu anda ketahui dan anda lakukan pada saat hendak menimbang bahan-bahan sampel menggunakan timbangan analitik yang  biasanya untuk keperluan penelitian di laboratorium.






CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D 
Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit 
Jakarta Timur DKI Jakarta 13450 
021 8694 1748 (Telepon)
0818 0690 5207 (Telepon, WhatsApp)
dita@mealabs.com 
www.mealabs-timbangan.com






signature
Back to top
banner
-->