Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Pentingnya Timbangan pada Kegiatan Jual Beli Jahe dari Petani ke Pengepul

Jahe merupakan bahan pangan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Di mana jahe digunakan sebagai bumbu masakan atau diolah menjadi berbagai beberapa jenis minuman jahe baik serbuk maupun cair. Dengan demikian kebutuhan masyarakat akan jahe terus meningkat. Seiring meningkatnya kebutuhan, proses distribusi jahe akan semakin sering dilakukan. Proses distribusi jahe dari mulai petani kepada pengepul hingga sampai ke konsumen tentu melalui proses jual beli. Di mana perhitungan harga jual jahe biasanya ditentukan berdasarkan kilogram. Maka diperlukanlah timbangan sebagai alat yang mampu membantu dalam menentukan berat jahe yang akan didistribusikan.

Timbangan Jahe
Jahe yang berasal dari petani pada saat selesai panen dan dijual kepada pengepul tentu dalam jumlah yang cukup banyak beratnya bisa puluhan hingga ratusan kilogram. Jadi diperlukan timbangan mampu mencapai kapasitas tersebut dan akurat pastinya. Agar tidak ada yang merasa dirugikan baik dari pihak petani ataupun pengepul. Timbangan duduk dapat dijadikan solusi untuk menimbang Jahe. Mengapa timbangan duduk? karena timbangan duduk memiliki kapasitas mencapai 500 kilogram yang mana merupakan kapasitas yang cukup bisa digunakan untuk menimbang jahe hasil panen petani yang dijual kepada pengepul.

Timbangan duduk yang cocok untuk penimbangan jahe yang berasal dari petani salah satunya adalah timbangan duduk hybrid. Di mana timbangan duduk hybrid dapat digunakan pada segala kondisi lingkungan, dan dilengkapi dengan roda untuk memudahkan mobilitas timbangan. Jadi tidak ada masalah jika penimbangan dilakukan secara berpindah-pindah baik kondisi indoor maupun outdoor. Selain itu timbangan hybrid memiliki model yang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan penimbangan, hanya dengan meletakkan jahe yang sudah ada dalam kemasan karung ke atas alas timbang, berat jahe langsung bisa kita ketahui pada indikator digital yang tersedia pada timbangan.

Terdapat beberapa indikator/petunjuk angka timbang yang dimiliki oleh timbangan hybrid diantaranya mekanik dan digital. Timbangan mekanik adalah timbangan yang menggunakan rangkaian besi dan pegas dan menggunakan indikator tuas untuk menentukan berat barang yang ditimbang dengan cara menggeser tembaga penggaris yang ada pada timbangan. Sedangkan Timbangan digital adalah timbangan yang menggunakan load cell sebagai sensor timbang serta memiliki indikator berupa display digital yang menampilkan angka hasil penimbangan barang. 

Dengan demikian dalam menentukan timbangan anda harus cermat mengenali fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing timbangan karena timbangan yang tepat akan mempermudah kegiatan penimbangan. Walaupun jika dilihat dari indikator dan sistemnya tentu timbangan digital lebih mudah dan lebih praktis dalam menentukan berat jahe. Namun bukan berarti timbangan mekanik menjadi tidak diminati. Semua kembali pada kebutuhan dan pilihan anda masing-masing. Jika anda sedang membutuhkan timbangan baik timbangan digital, timbangan mekanik maupun timbangan analog, kami Mealabs Indonesia menjual berbagai jenis timbangan dan dapat memberikan solusi bagi setiap kebutuhan penimbangan anda. 

Hubungi Kami :
021-2853 5279 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)


signature
Back to top
banner