Beranda Tentang Kami Produk Kami Peta Situs Artikel Kontak Kami Chat Whatsapp

Perbedaan Timbangan Analitik Digital dan Neraca Analitik dalam Peracikan Obat-Obatan

O
bat-obatan merupakan salah satu zat yang diperlukan manusia sebagai penyembuh atau perlindungan diri dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Obat berdasarkan wujud atau bentuknya memiliki beberapa jenis seperti tablet, kapsul, puyer, sirup dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai peralatan yang digunakan dalam pembuatan atau peracikan obat kapsul dan tablet. Peralatan yang digunakan dalam peracikan obat sangat beragam salah satunya adalah timbangan, di mana timbangan ini berfungsi untuk mengukur kadar zat yang akan terkandung dalam suatu tablet atau kapsul.

Obat baik kapsul maupun tablet sebelum diproduksi secara massal tentu melewati penelitian mengenai zat yang akan terkandung pada obat dengan khasiat atau fungsi tertentu. Timbangan yang digunakan dalam penelitian untuk pembuatan obat kapsul dan tablet adalah timbangan analitik. Timbangan analitik yang digunakan pada laboratorium penelitian terdapat 2 jenis yaitu timbangan analitik digital dan timbangan analitik manual atau lebih dikenal dengan sebutan neraca analitik.
Ciri khas dari timbangan analitik adalah dilengkapi dengan kaca pelindung (windshield), yang berfungsi untuk menjaga ketelitian dan kestabilan pada saat penimbangan agar hasil penimbangan akurat. Dengan hasil penimbangan yang akurat, dosis atau zat yang terkandung pada tiap-tiap obat kapsul maupun tablet terjaga kualitas dam khasiatnya. Sesuai dengan namanya, timbangan analitik berfungsi untuk penimbangan yang sifatnya analitik dan memiliki kapasitas kecil namun memiliki ketelitian yang tinggi.
Perbedaan timbangan analitik digital dengan neraca anlitik adalah pada penentuan hasil timbang, jika pada timbangan analitik digital hasil timbang langsung dapat dilihat dari angka digital yang tertera pada layar display, neraca analitik menggunakan anak timbangan atau batu timbangan untuk menentukan hasil penimbangan. Sementara, pilihan untuk menggunakan timbangan analitik digital maupun neraca analitik tergantung pada kebutuhan masing-masing user.


Kami Mealabs Timbangan menyediakan berbagai jenis timbangan analitik baik digital maupun manual (neraca). Silahkan hubungi kontak yang tertera pada website ini untuk informasi lebih detail.






CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D 
Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit 
Jakarta Timur DKI Jakarta 13450 
021 8694 1748 (Telepon)
0818 0690 5207 (Telepon, WhatsApp)
dita@mealabs.com 
signature
Back to top
banner
-->