Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Load cell timbangan rusak, ini penyebabnya…

Masalah Mekanik

Kerusakan pada load cell timbangan dikarenakan adanya kesalahan pemakaian atau hal lainnya. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan kerusakan pada load cell seperti permasalahan mekanikal, elektrikal, maupun kondisi lingkungan.
Sebuah load cell dapat mengalami kerusakan baik secara fisik maupun mekanik. Jika load cell yang dipilih untuk timbangan terlalu kecil, beban yang ditahan akan berlebih dan membuat load cell melewati batas elastis dan tidak dapat kembali ke kondisi awal sehingga strain gauge dapat terkunci pada kondisi tension atau compression. Maka dari itu perlu diperhatikan untuk total berat struktur timbangan dan material yang akan ditimbang serta jumlah support juga mempunyai peran penting dalam mendistribusi beban. Pada umumnya total berat struktur timbangan terbagi merata melalui tiap supportnya.
Penyebab kerusakan load cell lainnya adalah beban kejut, di mana beban kejut merupakan beban yang dengan tiba-tiba menimpa timbangan, sehingga menyebabkan load cell terdistorsi secara permanen. Maka dari itu amatilah operator saat memuat timbangan, jika beban dimuat dengan kasar akan menimbulkan beban kejut sehingga training dalam pengoperasian timbangan yang benar diperlukan bagi setiap operator untuk meminimalisir beban kejut yang kerap terjadi.

Pengaruh Lingkungan

Selain kerusakan mekanik, lingkungan juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada load cell. Pada umumnya load cell memiliki kemampuan kompensasi untuk bekerja pada suhu tertentu, yaitu mulai dari 0° hingga 150°F. Meskipun load cell masih dapat bekerja diluar batasan tersebut, namun sertifikat kalibrasi yang dimiliki load cell akan menjadi tidak valid.
Kelembaban menjadi salah satu musuh utama load cell yang dapat mengakibatkan load cell mati, terlihat overload hingga drifting yang terus menerus yang dapat mengakibatkan error pada timbangan. Udara lembab yang masuk ke load cell bisa melalui tekanan ekstrim atau kabel yang terkelupas. Jika load cell yang digunakan pada lingkungan basah kurang berisolasi bagus, maka air dapat masuk ke dalam load cell.
Load cell juga rentan terhadap bahan kimia, di mana load cell dapat mengalami korosi. Korosi dapat merusak strain gauge jika material pelindungnya kurang baik. Load cell stainless steel dapat dijadikan solusi untuk menghindari korosi namun tak menjamin dapat mencegah kelembaban masuk ke dalam load cell.


Dengan demikian ada banyak faktor penyebab kerusakan pada load cell. Diperlukan ketelitian dalam menentukan pilihan load cell yang akan digunakan untuk kegiatan penimbangan anda. Kami Mealabs Timbangan, menyediakan berbagai macam load cell timbangan untuk berbagai kebutuhan penimbangan. Jika anda sedang membutuhkan load cell silahkan hubungi kami pada kontak yang tertera pada website ini.

signature
Back to top
banner