Beranda Tentang Kami Produk Kami Peta Situs Artikel Kontak Kami Chat Whatsapp

Apa Bedanya Timbangan Digital dan Manual?

Timbangan Digital & Timbangan Manual

Timbangan merupakan salah satu benda atau alat yang sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari dan cukup kita butuhkan, terutama bagi para pedagang. Timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat suatu benda. Di pasaran terdapat dua jenis timbangan yang beredar, yaitu timbangan digital dan timbangan manual. Dua jenis timbangan ini tentunya memiliki beberapa perbedaan, diantaranya sebagai berikut :

Cara Kerja
Timbangan manual bekerja dengan menggunakan sistem pegas dan tanpa bantuan tenaga elektrik sedangkan timbangan digital bekerja dengan menggunakan bantuan tenaga elektrik baik yang bersumber dari baterai maupun langsung dari sumber aliran listrik (stop kontak) yang ada.
Dalam hal pengoperasian, timbangan digital sangat mudah, cukup dengan menekan tombol dan hasil timbang langsung dapat dilihat di display yang disediakan. Berbeda dengan timbangan manual yang mengharuskan kita untuk benar-benar memperhatikan hasil pengukuran yang biasanya ditunjukan oleh jarum.

Tingkat Keakuratan
Karena timbangan digital merupakan jenis timbangan yang dihasilkan dari perkembangan teknologi yang modern dan dilengkapi beberapa fitur tertentu dibanding timbangan digital maka hal ini membuat timbangan digital memiliki keakuratan lebih tinggi dibandingkan timbangan manual.

Bentuk
Timbangan digital lebih memiliki variasi bentuk lebih banyak dibanding dengan timbangan manual. Bentuk timbangan digital biasanya mengikuti perkembangan teknologi sehingga lebih menarik. Di mana kita dapat memilih bentuk timbangan sesuai dengan kebutuhan kita. Sedangkan timbangan manual memiliki bentuk yang  cenderung hampir sama dari waktu ke waktu.

Fungsi
Dari segi fungsi timbangan digital dapat berfungsi untuk menimbang berbagai macam variasi barang dan berat misalnya mulai dari barang-barang kecil seperti emas, hingga barang besar. Sementara timbangan manual biasanya memiliki keterbatasan kapasitas terutama untuk mengukur berat barang-barang kecil.

Harga
Mengenai harga karena dilihat dari perbedaan sistem dan cara kerja dimana timbangan digital mamiliki teknologi yang lebih modern dibandingkan timbangan manual maka untuk timbangan digital harganya lebih tinggi dibandingkan dengan timbangan manual.

Demikian beberapa perbedaan antara timbangan manual dan digital. Namun semua perbedaan itu kembali lagi pada kebutuhan anda masing-masing. Kira-kira timbangan jenis apa yang cocok untuk mendukung kegiatan penimbangan anda. 

Kami Mealabs Indonesia menyediakan berbagai jenis timbangan baik digital maupun manual. Jika anda sedang mencari atau membutuhkan timbangan, silahkan hubungi kami untuk informasi detail spesifikasi dan harga timbangan di kontak berikut :
Mealabs Indonesia






CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D 
Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit 
Jakarta Timur DKI Jakarta 13450 
021 8694 1748 (Telepon)
0818 0690 5207 (Telepon, WhatsApp)
dita@mealabs.com 
www.mealabs-timbangan.com
signature
Back to top
banner
-->