Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Mengenal Jenis Kerusakan pada Timbangan Digital

Timbangan merupakan salah satu alat yang seolah menjadi kebutuhan yang tidak asing bagi sebagian orang. Baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan industri. Seiring dengan berjalannya waktu alat ini semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis timbangan dengan beragam model dan merk pun terus bermunculan. Bahkan, karena sebegitu banyaknya, anda mungkin jadi dibuat bingung saat akan menentukan timbangan mana yang akan kamu bawa pulang dan dijadikan andalan.

Timbangan digital merupakan salah satu jenis timbangan yang sering dijadikan pilihan di pasaran karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Tetapi, masalahnya, tidak semua timbangan digital bisa dipakai dan bebas dari kerusakan dalam jangka waktu lama. Bagaimanapun, semua itu bergantung pada kualitas timbangan. Tetapi anda tak perlu khawatir, Meski anda sudah terlanjur membeli timbangan digital yang bermasalah, anda tetap bisa memperbaikinya. Tetapi, sebelum memutuskan untuk memperbaikinya, mari kenali dulu berbagai jenis kerusakan timbangan digital berikut ini :
  • Kerusakan pada Bagian InterfaceKerusakan jenis ini disebabkan oleh bagian interface yang mengalami gangguan, misalnya karena ada bagian dari LCD yang mati atau terbakar. Biasanya, kerusakan pada LCD ditandai dengan munculnya bercak hitam pada layar. Tombol timbangan yang tidak berfungsi atau macet pun termasuk dalam jenis kerusakan ini.
  • Kerusakan Drifting
    Kerusakan jenis ini pada umumnya ditandai dengan adanya ketidakstabilan nilai yang muncul pada display atau layar timbangan. Kerusakan yang bisa disebabkan oleh software maupun loadcell dalam timbangan ini bisa terjadi pada hampir semua merk timbangan. Jadi, hati-hati dengan jenis kerusakan satu ini, ya.
  • Hasil Timbangan Tidak Akurat
    Kerusakan ini merupakan jenis kerusakan yang paling sering dialami timbangan digital. Biasanya, pengguna akan berpikir bahwa kerusakan ini bisa dengan mudah ditangani dengan melakukan kalibrasi ulang. Namun, ada kalanya kalibrasi tidak berhasil membuat timbangan menjadi akurat. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan adjustment atau penyesuaian timbangan. Tetapi, jangan sembarangan melakukan adjustment, ya. Sebab, proses itu tidak bisa dilakukan tanpa bantuan software tertentu.
  • Mati Total
    Jika timbangan digitalmu mati total, mungkin ada masalah dengan komponen elektronik di dalamnya. Berbagai hal bisa menyebabkan kerusakan ini, mulai dari kerusakan adaptor yang ringan hingga kerusakan main-board yang tergolong cukup parah.

Dengan demikian untuk mengatasi timbangan digital yang rusak, anda perlu mengenali kerusakan apa yang terjadi pada timbangan anda. Jika timbangan tidak akurat, anda dapat melakukan kalibrasi ulang. Atau jika anda belum memahami dengan benar cara menanggulanginya anda bisa membawanya ke tempat service timbangan yang sudah terpercaya.

Service Timbangan Digital

Kami Mealabs Indonesia, melayani jasa service timbangan digital. Kami dapat memberikan solusi dan penanganan yang tepat pada setiap kerusakan yang terjadi pada timbangan digital anda.
Hubungi kami :
Mealabs Indonesia
021-3030 6260 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)


signature
Back to top
banner