Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Tips Merawat Timbangan Digital Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Perawatan Timbangan DigitalTimbangan digital dewasa ini menjadi salah satu jenis timbangan yang digunakan untuk kegiatan penimbangan sehari-hari karena dinilai lebih praktis dan akurat dibandingkan timbangan manual. Namun tahukah anda jika kita tidak merawat dengan baik dan benar timbangan digital akan rentan terhadap kerusakan? Jika telah terjadi kerusakan maka kita perlu biaya ekstra untuk memperbaikinya. Sebelum hal itu terjadi, hendaklah kita perlu tau apa saja yang diperlukan dalam merawat timbangan digital.


Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat timbangan digital :
Perhatikan manual book atau buku petunjuk
Saat penggunaan timbangan digital hendaklah kita menggunakan sesuai dengan ketentuan yang ada pada manual book. Jangan gunakan timbangan digital melebihi dari beban atau kapasitas maksimal timbangan. 
Pergunakan sensor digital secara baik
Beberapa timbangan digital memiliki sensor halus, maka perlakukanlah dengan baik, jangan  terlalu kasar atau sampai terkena benturan
Pastikan timbangan mendapatkan daya yang baik
Timbangan digital umumnya memiliki 2 sumber daya. Yaitu yang berasal dari daya listrik  langsung (PLN) dan ada yang menggunakan baterai. Jika berasal dari daya listrik langsung, pastikan timbangan menerima daya listrik secara tepat agar tidak boros energi. Untuk yang berasal dari baterai pastikan baterai yang digunakan sesuai agar timbangan tidak mengalami error pada saat penimbangan.
Jauhkan dari perangkat elektronik lainnya 
Angka yang muncul dalam timbangan digital biasanya tergantung dari beratnya benda, namun terkadang terjadi ketidakakuratan benda yang disebabkan adanya gangguan elektomagnetik yang berasal dari perangkat elektronik lainnya seperti televisi, microwave, handphone dan lain sebagainya. Bila terjadi maka jauhkan atau matikan perangkat elektronik yang berada di dekat timbangan digital.
Bersihkan timbangan digital dari debu atau kotoran lainnya
Bersihkan timbangan digital dengan menggunakan kain bersih untuk di lap. Jika terdapat kotoran pada pan/piringan timbang, maka cuci piringan tersebut dengan bilasan air lalu keringkan hingga benar-benar kering.
Selalu lakukan kalibrasi secara rutin
Agar mendapatkan hasil timbang yang akurat, pastikan untuk selalu kalibrasi timbangan setiap kali ingin menggunakan timbangan digital.
Matikan timbangan jika telah selesai digunakan
Matikan atau non aktifkan timbangan digital jika sudah tidak lagi digunakan. Jangan dibiarkan menyala bila sudah tidak digunakan karena hal ini membuat timbangan digital akan bekerja terus menerus dan membuat timbangan digital tidak tahan lama atau rusak. Simpan timbangan digital pada tempat bersih dan aman.
Demikianlah tips merawat timbangan digital, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda.



Kami Mealabs Indonesia menjual berbagai jenis timbangan digital, jika anda membutuhkan timbangan digital silahkan hubungi kami di kontak berikut :
Mealabs Indonesia
021-28535279
0818 0690 5207


signature
Back to top
banner