Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Jenis - Jenis Timbangan Gantung

Jenis Timbangan Gantung

Timbanga gantung merupakan salah satu timbangan yang sering kita jumpai dalam kegiatan penimbangan baik dalam industri maupun juga kegiatan penimbangan sehari-hari. Dinamakan timbangan gantung, karena timbangan ini tidak memiliki platform atau alas timbang sehingga sistem penimbangannya dilakukan dengan cara menggantung timbangan pada crane atau sejenisnya lalu menggantung barang yang akan ditimbang pada hook yang tersedia dan hasil timbang dapat dilihat melalui display yang tersedia sesuai jenisnya. Adapun jenis-jenis timbangan gantung adalah sebagai berikut :

  1. Timbangan Gantung Jarum
    Timbangan gantung jarum termasuk dalam timbangan manual, di mana sistem penimbangan mengandalkan pegas dan display hasil penimbangan berupa jarum yang akan menunjuk ke angka massa barang yang ditimbang. Timbangan gantung jarum memilki kapasitas antara 25kg hingga 150kg. Timbangan jarum sering kita jumpai dalam kegiatan penimbangan beberapa pasar tradisional, pelelangan ikan dan lain sebagainya.

  2. Timbangan Gantung Dacin
    Timbangan dacin juga terasuk dalam kelompok timbangan gantung manual. Timbangan dacin merupakan timbangan yang sangat sederhana yang terdiri dari 2 lengan yang berlainan panjangnya di mana pada lengan yang pendek dikaitkan dengan benda yang akan di timbang dan pada lengan yang panjang dapat digerakkan bandulan melalui garis ukuran berat dan pada saat keadaan 2 lengan seimbang garis ukuran tempat bandulan berhenti adalah penunjuk berat benda yang ditimbang. Timbangan dacin saat ini sudah jarang sekali ditemui dalam kegiatan penimbangan sehari-hari.

  3. Timbangan gantung digital termasuk dalam kategori timbangan digital yang mana display atau penunjuk hasil timbang berupa angka digital yang dapat dilihat secara otomatis pada display indikator. Display indikator pada timbangan juga ada yang terdapat langsung pada unit timbangan dan ada juga yang dengan sistem wireless di mana display indikator terpisah dari unit timbangan. Timbangan gantung digital memiliki kapasitas berkisar antara 30 kg sampai dengan 15 ton bahkan ada yang berkisar antara 20 ton hingga 100 ton (khusus untuk timbangan gantung wireless). Timbangan gantung digital sering kita jumpai pada beberapa sektor industri tingkat menengah hingga tingkat atas. Dikarenakan sistem penimbangan yang sangat praktis dan hasil timbang dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat berbeda halnya dengan timbangan dacin atau timbangan jarum yang menggunakan sistem manual.

  4. Timbangan gantung mini adalah timbangan dengan sistem digital yang memiliki ukuran kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan (portabel). Timbangan gantung mini dapat membantu kita dalam segala jenis kegiatan timbang yang memiliki mobilitas tinggi dengan kapasitas maksimal 50kg. Misalnya untuk menimbang bagasi atau koper dan lain sebagainya.
Demikian beberapa jenis timbangan gantung yang dapat dijadikan solusi dalam menimbang barang-barang sesuai kebutuhan anda.

Jika anda mencari atau membutuhkan timbangan gantung, silahkan hubungi kami di kontak berikut :
Mealabs Indonesia021-3030 6260 (office)
0818 0690 5207 (mobile)



signature
Back to top
banner