Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Tips Perawatan Anak Timbangan agar Tidak Mudah Rusak

Setiap barang pasti akan mengalami kerusakan atau penurunan kualitas seiring berjalannya waktu atau pemakaian. Sama halnya dengan anak timbangan, seiring dengan berjalannya waktu dan intensitas pemakaian yang tinggi, pasti anak timbangan akan mengalami kerusakan atau penurunan kualitas. Namun hal tersebut dapat dicegah atau diminimalisir dengan perawatan secara khusus dan berkala. Berikut adalah beberapa tips perawatan anak timbangan agar tidak mudah rusak :

Tips Perawatan Anak Timbangan

  1. Simpan anak timbangan pada kemasan aslinya (jika tersedia). Umumnya anak timbangan dikemas dari pabrik menggunakan kotak yang dirancang untuk menjaga kondisi anak timbangan agar tetap baik. Jauhkan dari debu dan kelembaban yang tinggi.
  2. Perlakukan anak timbangan dengan hati-hati. Hindari terjadinya goresan, goresan-goresan pada anak timbangan lambat laun dapat membuatnya keluar dari spesifikasi yang ditetapkan. Misal ketika baru dibeli, anak timbangan masih masuk spesifikasi kelas F1. Namun karena penggunaan yang tidak hati-hati , bisa saja nilainya tidak sesuai dengan spesifikasi kelas F1 lagi.         
  3. Hindari anak timbangan kontak langsung dengan tangan. Keringat dan zat lain yang menempel di tangan dapat menimbulkan korosi pada anak timbangan. Sebaiknya gunakan sarung tangan yang halus atau alat bantu yang sesuai (pinset non magnetik). 
  4. Jangan membersihkan anak timbangan dengan cairan kimia yang keras. Cairan pembersih yang keras dapat mengikis lapisan luar anak timbangan sehingga nilai massa-nya dapat berkurang dari spesifikasi yang seharusnya.   
  5. Bersihkan dengan kuas dan kain yang halus. Bersamaan dengan proses pembersihan, secara berkala, periksa kondisi anak timbangan apakah terdapat karat, jejak telapak tangan ataupun goresan. Gunakan kaca pembesar jika diperlukan untuk melakukan pengamatan.
  6. Lakukanlah kalibrasi anak timbangan secara berkala pada laboratorium yang terakreditasi. Pastikanlah laboratorium kalibrasi yang akan melakukan kalibrasi anak timbangan Anda benar-benar kompeten dengan bukti akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Artinya, laboratorium tersebut menjalankan Sistem Mutu Laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025 secara konsisten.
Demikian tips dan cara bagaimana merawat anak timbangan agar tidak mudah rusak atau meminimalisir kerusakan pada anak timbangan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Jika anda membutuhkan anak timbangan berkualitas dan bersertifikasi, silahkan hubungi kami di kontak berikut :
021-3030 6260 (office)
0818 0690 5207 (mobile)
karina@mealabs.com



signature
Back to top
banner