Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Jenis-Jenis Timbangan Digital untuk Pengolahan Tempe

Tempe merupakan salah satu jenis makanan olahan dari bahan dasar kedelai yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebelum menjadi tempe, proses pengolahan dilakukan oleh banyak sekali pengusaha pengolahan tempe baik skala pabrik (besar) ataupun skala rumahan (kecil). Dalam proses pengolahan tempe selain bahan-bahan diperlukan pula beberapa alat pendukung pengolahan salah satunya adalah timbangan.

Timbangan dalam pengolahan tempe berfungsi untuk menakar bahan-bahan yang diperlukan dalam pengolahan tempe. Timbangan yang beredar dipasaran sangat beragam jenisnya, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman timbangan digital menjadi salah satu jenis timbangan yang sering diandalkan, karena lebih praktis dan akurat.

Timbangan digital yang cocok dalam pengolahan tempe terdapat berbagai jenis. Adapun berikut jenis timbangan digital yang dikelompokkan berdasarkan tempat dan skala penimbangan yang dibutuhkan :


Timbangan duduk digital merupakan timbangan yang posisi penggunaannya diletakkan dilantai dan berbentuk seperti kursi. Timbangan duduk memiliki kemampuan kapasitas hingga 500kg. Sehingga timbangan duduk digital ini cocok digunakan untuk industri pengolahan tempe skala mengengah sampai skala besar/pabrik.


Timbangan gantung digital merupakan timbangan digital yang dalam penggunaannya digantung. Timbangan ini termasuk timbangan yang memiliki mobilitas tinggi (mudah dipindah-pindahkan) sehingga cocok digunakan dalam kondisi indoor maupun outdoor. Timbangan gantung digital juga memiliki kapasitas yang beragam diantaranya berkisar 30kg-300kg; 50kg-1500kg; 2 ton-15 ton, bahkan beberapa jenis timbangan gantung digital ada yang mencapai kapasitas puluhan ton. Timbangan gantung digital sangat cocok digunakan untuk industri pengolahan tempe skala pabrik/besar.


Timbangan meja digital merupakan timbangan yang dalam penggunaannya diletakkan di atas meja atau bidang datar lainnya. Timbangan ini juga memiliki mobilitas yang tinggi sehingga sering dikenal juga sebagai timbangan portable. Timbangan meja memiliki kapasitas maksimal hingga 30kg. Sehingga timbangan ini cocok digunakan untuk industri pengolahan tempe mulai dari skala kecil/rumahan hingga skala menengah.


Timbangan dapur digital merupakan timbangan yang hampir sama dengan timbangan meja digital hanya saja kapasitas yang mampu ditimbang lebih kecil yaitu maksimal 5kg. Timbangan ini cocok digunakan untuk pengolahan tempe skala kecil.



Pentingnya kesesuaian takaran bahan-bahan pengolahan tempe agar menjadi produk yang berkualitas maka timbangan menjadi salah satu alat yang tidak kalah penting disamping alat-alat pengolahan lainnya. Kami Mealabs Timbangan menyediakan berbagai jenis timbangan untuk industri pengolahan tempe di atas. Silahkan hubungi kami pada kontak yang tertera pada website ini untuk informasi selanjutnya.


signature
Back to top
banner