Home About Us Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

MENGENAL JENIS TIMBANGAN YANG DIGUNAKAN UNTUK BIJI KAKAO

B
iji kakao atau juga dikenal dengan biji cokelat merupakan biji dari buah pohon kakao yang telah melalui proses fermentasi dan pengeringan sehingga siap diolah. Biji kakao merupakan bahan dasar dari pembuatan cokelat yang dapat kita konsumsi dengan merk dan varian cokelat kini telah beredar di pasaran.

Biji kakao diolah menjadi cokelat oleh pabrik-pabrik pengolahan cokelat yang mana bahan dasar biji kakao ini didapatkan dari petani ataupun tengkulak melalui proses penjualan. Biji kakao yang telah dipanen dan dikeringkan sedemikian rupa menjadi siap olah dijual oleh petani ataupun melalui tengkulak tentu dalam jumlah yang relatif banyak dan harga yang disepakati biasanya adalah berdasarkan ukuran beratnya. Untuk menentukan ukuran berat tersebut tentunya diperlukan alat bantu yang sering kita kenal dengan nama timbangan.

Timbangan merupakan salah satu alat ukur berat atau massa suatu barang atau benda. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, berbagai jenis timbangan telah beredar di pasaran serta telah digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan penimbangan. Dahulu timbangan yang digunakan oleh para petani biji kakao dalam menentukan harga jual untuk hasil panen adalah timbangan manual/tradisional. Namun kini banyak petani-petani modern telah beralih menggunakan timbangan digital.

Timbangan digital memiliki kelebihan yang belum dimiliki timbangan manual/tradisional. Timbangan digital memiliki fungsi yang lebih praktis di mana untuk mengetauhi hasil timbang dari suatu kegiatan penimbangan, kita hanya perlu melihat angka yang tertera pada layar digital yang ada pada timbangan, tidak lagi harus melihat jarum atau semacamnya seperti pada timbangan manual/tradisional.

Timbangan digital sendiri memiliki beragam model. Pada penimbangan biji kakao siap olah, karena penimbangan dilakukan untuk jumlah yang relatif banyak tentu memiliki berat juga yang tidak ringan maka diperlukan timbangan yang heavy duty. Berikut beberapa model timbangan digital yang dapat digunakan untuk penimbangan biji kakao :

Timbangan Duduk Digital

Timbangan duduk digital merupakan timbangan digital yang memiliki bentuk seperti kursi. Penggunaannya diletakkan di lantai dengan tiang penyangga indikator menyatu pada body timbangan. Timbangan duduk digital memiliki kapasitas 30kg hingga 600kg, sehingga sangat cocok digunakan untuk penimbangan barang dengan bobot yang besar.
Timbangan Lantai Digital

Timbangan lantai digital merupakan timbangan digital yang penggunaannya diletakkan dilantai atau ditanam sehingga sejajar dengan lantai. Timbangan ini memiliki model platform dengan tiang penyangga indikator yang terpisah dan dihubungkan dengan kabel penghubung. Timbangan ini memiliki kapasitas yang lebih besar disbanding timbangan duduk digital yakni berkisar antara 150kg hingga 5 ton. Beberapa model timbangan lantai juga dapat di custom hingga kapasitas 15 ton.
Timbangan Gantung Digital

Timbangan gantung digital merupakan timbangan digital yang dalam penggunaannya digantung. Pada sisi atas dapat digantung pada tiang atau dahan pohon yang kuat untuk menopang beban, dan pada sisi pengait dikaitkan benda yang ingin diketahui beratnya. Timbangan ini termasuk timbangan yang memiliki mobilitas tinggi (mudah dipindah-pindahkan) sehingga cocok digunakan dalam kondisi indoor maupun outdoor. Timbangan gantung digital juga memiliki kapasitas yang beragam diantaranya berkisar 30kg-300kg; 50kg-1500kg; 2 ton-15 ton, bahkan beberapa jenis timbangan gantung digital ada yang mencapai kapasitas puluhan ton.

Demikian beberapa jenis timbangan digital yang dapat dijadikan referensi untuk penimbangan biji kakao versi Mealabs Timbangan. Jika anda sedang membutuhkan timbangan baik untuk penimbangan biji kakao ataupun kegiatan penimbangan lainnya, kami Mealabs Timbangan, menjual berbagai jenis timbangan, baik digital maupun manual. Silahkan hubungi kontak yang tertera pada website ini untuk informasi selengkapnya.


signature
Back to top
banner