Beranda Tentang Kami Produk Kami Peta Situs Artikel Kontak Kami Chat Whatsapp

Peran Penting Checkweigher untuk Operasional Industri

Checkweigher merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa berat produk dalam kemasan. Checkweigher biasanya dijumpai pada bagian akhir proses produksi untuk memastikan berat suatu produk sesuai dengan standar yang ditetapkan. Setiap kemasan yang beratnya diluar toleransi akan dipisahkan secara otomatis.
Checkweigher biasanya berupa mesin conveyor yang dilengkapi dengan sistem penimbangan. Dimana sistem ini berfungsi untuk menimbang kemasan yang melewati conveyor, standar berat yang diinginkan bisa diset sebelum dioperasikan, sehingga jika terdapat kemasan yang beratnya tidak sesuai dapat dipisahkan dan masuk ke dalam kategori reject.

Checkweigher

Sebuah checkweigher dapat menimbang lebih dari 500 item per menit tergantung ukuran kemasan atau akurasi yang disyaratkan. Checkweigher sering menggabungkan perangkat pemeriksaan tambahan seperti detektor logam dan mesin X-ray untuk memeriksa apakah material lain yang ada dalam kemasan yang kemudian dapat ditindaklanjuti.
Selain fungsi utama yang sudah dijelaskan diatas, checkweigher juga memiliki beberapa fungsi lain diantaranya adalah sebagai berikut :
o Dapat mendata jumlah produk
o Dapat mendata produk yang sesuai atau yang tidak sesuai standar yang telah ditetapkan
o Dapat memudahkan kalkulasi jumlah produksi dilengkapi grafik dan analisa
o Dapat digunakan untuk produk yang beragam dengan memori 50~100 item produk (berdasarkan tipe masing-masing checkweigher)
Dengan demikian, checkweigher memiliki peran penting dalam sebuah pabrik industri (produk dalam kemasan) dalam hal mejaga kualitas suatu produk agar ukuran aktual berat suatu kemasan produk sesuai dengan yang tertera pada kemasan. Karena jika berat produk kurang dari yang tertera pada kemasan akan memicu terjadinya complain customer. Sebaliknya jika berat produk melebihi batas toleransi yang ditetapkan maka akan mengakibatkan kerugian perusahaan.


JUAL CHECKWEIGHER





 
CV. MEALABS INDONESIA 
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D
Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit 
Jakarta Timur DKI Jakarta 13450 
021 8694 1748 (Telepon) 
0818 0690 5207 (Telepon, WhatsApp) 
dita@mealabs.com
www.mealabs-timbangan.com
signature
Back to top
banner
-->